fbpx

Budidaya Buah Import

7 Jenis Buah Tin

Rajin Berbuah Sepanjang Musim

Pohon Surga Sejuta Manfaat | Super Food

Buah tin sangat baik dikonsumsi oleh semua umur dari anak-anak sampai orang dewasa. Tekstur buahnya empuk beraroma harum serta rasanya yang manis keset mengandung sedikit air tapi tetap terasa menyegarkan. Didalam buahnya, terdapat banyak biji yang enak dikonsumsi. Sepintas buah ini memiliki rasa dan aroma mirip buah jambu biji. Jika kita mengunyah buah ini akan terdapat sensasi rasa menyegarkan berasal dari biji-biji kecil yang terdapat dalam buahnya. Karena kesegarannya, buah ini sering dijadikan sebagai buah meja. Buah ini sangat enak dikonsumsi baik secara langsung ataupun di buat olahan lainnya. Bentuk olahan lainnya adalah dibuat menjadi selai atau bisa juga dijadikan sebagai buah yang dikeringkan. Jika dikeringkan ia mampu bertahan selama 6 bulan. Bukan hanya itu, buah ini juga sangat enak dibuat jus, isi cake, dan campuran puding. Rasa manis buahnya membuat ia digemari banyak orang.

Koleksi Kami

Bibit Varietas Asli Import

Galeri ini saya kumpulkan untuk menunjukkan beragam varian / jenis-jenis pohon buah tin yang kami miliki. Dengan kemampuan beradaptasi yang sangat baik di negara kita tercinta Indonesia, anda sangat layak memelihara pohon buah yang disebut-sebut sebagai buah syurga ini. Hal menarik yg menjadi daya pikat pohon tin / figs adalah, tidak seperti di negeri asalnya di mediterania & eropa sana, pohon tin berbuah terus menerus setiap harinya di negeri kita! Jadi jangan heran jika anda, keluarga serta kerabat bisa menikmati buah ini setiap hari, tentunya langsung dari pohonnya. Rasanya? hmmm.. segar, manis dan lezat.. Dan tentunya sangat menyehatkan.. Yang tak kalah menarik lagi, varian buahnya pun bermacam-macam. Ada yang buahnya warna hijau, kuning, merah, ungu, coklat, sampai hitam legam. Mengenai perawata tanaman, relatif mudah sekali..! Silakan buktikan sendiri..!
tin-green-lebanese-1.jpg

BIBIT
GREEN LEBANESE

Tin-Long-De-Aout.jpeg

BIBIT
LONG DE AOUT

tin-panache-tiger-1.jpg

BIBIT
PANACHE TIGER

GEBYAR PROMO AIA

SPESIFIKASI BIBIT BUAH TIN

  • Nama : Buah Tin aka Pohon Ara
  • Nama ilmiah : Ficus carica L.
  • Asal daerah : Asia Barat
  • Asal bibit : Hasil cangkok/okulasi
  • Ukuran bibit saat dikirim : 40-60 cm.
  • Usia Bibit : 5-7 bulan
  • Berat Bibit : 325 gram
  • Rekomendasi dataran : Dataran rendah dan tinggi.
  • Kebutuhan sinar matahari : Penyinaran sepanjang hari.
  • Waktu berbuah : 1 tahun sejak penanaman
  • Diameter pot : Kurang lebih 60 cm.
  • Penyiraman : Setiap Hari.
  • Perawatan tambahan : Bersihkan gulma (tanaman pengganggu) secara berkala.
  • Pemupukan : Sebulan sekali menggunakan KNO3

Manfaat Kesehatan

Buah Tin

  1. Mencegah Penyakit Jantung
  2. Mengatur Kadar Gula Darah
  3. Bersifat Antikanker
  4. Efektif Atasi Sembelit
  5. Berperan sebagai Prebiotik Alami
  6. Menghindari Alergi Kulit
  7. Melindungi Kulit dari Kerusakan
  8. Membantu Program Diet
  9. Membantu Meningkatkan Kesuburan
  10. Menghindari Osteoporosis
  11. Meningkatkan Sistem Imun
  12. Mencegah Anemia

Mengenal Dekat 7 Jenis

BUAH TIN

Nama “Tin” diambil dari bahasa Arab, juga dikenal dengan nama “Ara” (buah ara / pohon ara) sedangkan dalam bahasa Inggris disebut fig (“pohon ara umum”), sebenarnya masih termasuk kerabat pohon beringin dari dari genus yang sama. 

Bagi umat Islam nama buah tin akan sangat familiar terdengar, namun belum tentu banyak yang sudah melihat secara nyata bagaimana bentuk buah dan pohonnya. Buah Tin dalam Alquran menjadi nama salah satu surat (Surah At-tin), dalam ayat 1-2 Allah SWT menyebutkan Nama Buah Tin di dalamnya (“Demi buah tin dan buah zaitun, demi gunung thursina,” (at-Tin: 1-2)). Buah ini sangat banyak memiliki manfaat bagi kesehatan, diantaranya : Mengobati wasir, mengobati encok, Mengatasi kolesterol, mencegah penyakit jantung, memperlancar pencernaan, dan masih banyak lagi manfaat yang dihasilkan dari buah tin bagi kesehatan.

Untuk membudidayakan Buah Tin yang cepat berbuah sebenarnya yang paling tepat adalah dengan sistem cangkok, cara yang dilakukan hampir sama dengan cara menanam srikaya yaitu dengan memilih salah satu batangnya dan mulai mencangkok dengan cara yang benar. Jika sudah mengeluarkan akar, maka bibit hasil cangkokan dapat dipindah ke pot atau lahan tanam permanen lainnya. Namun jika anda tidak memiliki pohon induk yang dicangkok, maka budidaya buah tin dapat dilakukan dari biji buahnya. Kelemahan dari budidaya tin dari biji adalah pohon tin relative lama menghasilkan buah, dan kualitas buah belum tentu sama dengan yang dimiliki oleh pohon induk.

Bibit buah tin yang telah siap dapat dipindahkan ke pot atau lubang tanam yang telah disiapkan, lepas pelastik polybag secara perlahan agar Tanah semaian tidak hancur. Masukkan ke pot atau lubang tanam dan tutup kembali dengan menggunakan Tanah, kemudian padatkan secara perlahan. Lakukan penyiraman setelah pohon buah tin sudah selesai ditanam. Penyiraman sebaiknya sewajarnya saja, agar pohon buah tin tidak membusuk.

Perawatan buah tin tidak begitu sulit, tanaman ini sudah beradaptasi baik dengan iklim di Indonesia. Cukup lakukan penyiraman secara teratur pada pagi dan sore hari dengan penyiraman yang tidak terlalu banyak. Bersihkan sekitar pohon buah tin dari tumbuhan liar lainnya. Pemupukan dapat dilakukan kembali setelah usia pohon buah tin sekitar 4 bulan dari penanaman. Buah tin tidak menganal musim, jika buah tin sudah mulai berbuah maka akan sepanjang tahun mengeluarkan buah.

Testimoni

Para Pelanggan Setia

Formulir Pemesanan

Bibit Tanaman Buah Tin a.k.a Pohon Ara

  • Silahkan Isi Formulir Pesanan di Bawah Ini secara Lengkap
  • Klik “Beli Sekarang” Jika Data Sudah Terisi Secara Lengkap dan Benar​​
  • Selanjutnya, Dengan Senang Hati Customer Service Kami akan Menghubungi dan Membantu Anda
  • Terima Kasih telah Berbelanja di Toko Kami
  • Semoga Selalu Dilancarkan Rejeki Anda, Aamiin 🤲🏻
Loading...

TOKO AIA

Belanja Cerdas Harga Puas