fbpx

Keunggulan Tanaman Buah Persik

Masya Allah!
kenapa buah Persik menjadi salah satu buah yang sangat populer di dunia?
Jawabnya adalah disamping memiliki cita rasa yang lezat yang dijamin bikin kalian ketagihan, ternyata, kandungan nutrisi buah persik juga memiliki belasan manfaat bagi kesehatan tubuh juga loh,,,Subhanallah!
Yuk Baca sampai habis ya!

Overview Tanaman Buah Persik

Tanaman buah persik merupakan salah satu tanaman buah unggulan yang termasuk dalam family rosaceae. Tanaman ini berasal dari China, dikenal juga dengan nama buah momo (di Jepang) dan buah khukh (di Mesir). Buah persik ini kerap menjadi buah favorit banyak orang (mungkin termasuk Anda salah satunya) oleh karena cita rasanya yang lezat. Bahkan, buah persik dalam kebudayaan Tionghoa menjadi buah wajib pada sejumlah ritual keagamaan. Menurut kepercayaan kuno mereka, buah persik merupakan simbol persahabatan dan kehidupan abadi.

Jika dilihat dari bentuknya, buah persik sangat mirip dengan buah apel. Namun jika dibelah, buah persik memiliki warna daging buah yang berbeda.
Buah persik memiliki daging buah berwarna kuning dengan aromanya yang harum dan rasanya manis (lebih manis dari apel) dengan tekstur buah yang renyah. Tanaman buah persik ini juga tergolong dalam jenis tanaman buah yang bersifat genjah (mudah berbuah).
Tanaman yang memiliki nama latin Prunus Persica ini dapat tumbuh dengan baik di daerah dataran rendah beriklim tropis seperti Indonesia dan Malaysia. Tinggi tanaman ini pada habitat aslinya dapat mencapai 4-10 meter.

Bunga dari tanaman persik ini juga mempunyai bentuk yang sangat indah berwarna merah muda yang mirip seperti bunga sakura, ukurannya sekitar 3 cm dan muncul pada pangkal batang yang masih muda. Setelah tanaman berbunga, selanjutnya akan datang masa berbuah.
Saat masih muda, kulit buah persik berwarna kehijauan dan jika sudah matang akan berubah warna menjadi kemerahan, kekuningan, putih atau perpaduan dari ketiga warna tersebut. Di dalam buah persik ini terdapat satu biji yang keras dikelilingi daging yang lembut berwarna putih.


Selain dapat dimakan secara langsung, buah persik juga sering dijadikan sebagai campuran bahan makanan seperti manisan, puding, isi pie, dan sebagainya.
Dalam penanamannya, upayakan lahan tanam memiliki sistem drainase yang baik agar tanaman persik tidak tergenang air karena dapat menyebabkan tanaman tidak tumbuh secara maksimal atau bahkan mati.
Tanaman persik juga sangat membutuhkan sinar matahari untuk pertumbuhannya, sehingga usahakan tanaman ini ditanam pada lahan yang mendapatkan sinar matahari setiap harinya.

PROMO PAKET MURAH

PAKET A (Beli 1 Gratis 1)

Harga Normal: 275,886 IDR
Harga PROMO: 212,220 IDR

PAKET B (Beli 2 Gratis 2)

Harga Normal: 363,519 IDR
Harga PROMO: 279,630 IDR

PAKET C (Beli 3 Gratis 3)

Harga Normal: 446,962 IDR
Harga PROMO: 343,809 IDR

6 Olahan Buah Persik yang Dijamin Bikin Ketagihan

Buah persik atau dalam bahasa Inggris disebut peach, selain dapat dimakan secara langsung, buah persik juga dapat diolah menjadi makanan yang lezat. Yuk, simak 6 olahan buah persik berikut ini;
1. Peach Hand Pies
Peach hand pies merupakan salah satu dessert yang sangat mudah dibuat sendiri di rumah. Adonan pastry ini berisi potongan-potongan buah persik yang sebelumnya telah dimasak bersama kayu manis, garam, dan tepung jagung lalu dipanggang selama 30 menit di dalam oven. Peach hand pies semakin manis bila ditaburkan gula bubuk atau susu.

2. Peach Tartles

Peach tartles ini hampir sama dengan peach hand pies. Hanya saja adonan puff pastry-nya berbentuk kotak tipis dan diberi potongan buah persik yang sudah dicampur dengan gula, kayu manis, dan vanili di tengah-tengah puff pastry lalu dipanggang. Irisan almond yang ditaburi di atasnya semakin menambah rasa gurih.

3. Peach Streusel Muffins

Bagi kamu para pecinta muffin, kamu wajib coba muffin dengan varian buah persik. Tekstur muffin yang memiliki banyak remah dipadu dengan buah persik semakin menambah rasa segar dan gurih. Jangan lupa siram glasir vanila di atasnya. Hmm lezat!

4. Spicy Peach Salad

Bosan dengan varian salad yang itu-itu aja? sepertinya kamu harus mencoba salad persik pedas. Potongan buah persik yang dicampur dengan air lemon, madu, cabai, bawang merah, garam, dan merica ini menciptakan rasa pedas manis dan gurih. Kamu bisa juga mengombinasikannya dengan buah alpukat.

5. Peach Ice Cream

Es krim dengan varian rasa buah memang sangat menyegarkan, salah satunya adalah es krim buah persik. Rasanya yang manis dan segar, cocok disantap ketika musim panas. Tambahkan juga potongan buah persik dan daun mint di atasnya.

6. Smoothie Peach Oatmeal

Smothie ini perpaduan antara buah persik dengan oatmeal.
Semua perempuan pasti ingin memiliki tubuh yang langsing dan ideal. Apalagi ibu millennials yang baru saja melahirkan. Berat badan yang bertambah pasti akan menjadi masalah yang cukup menganggu ibu-ibu baru ini. Diet ketat pun tidak mungkin dilakukan. Karena pasca melahirkan, kamu tetap memerlukan asupan gizi untuk untuk kebutuhan si kecil. Makanan yang mengandung sedikit lemak tapi memiliki banyak nutrisi pun menjadi salah satu alternatifnya. ada satu resep smoothie yang tetap kaya akan nutrisi namun tidak membuat gemuk.
Dalam peach and cream oatmeal smoothie ini mengandung kalori 217 kkal, kalori dari lemak 49 kkal, lemak 6g, total gula 15g dan karbohidrat 33g. Selain itu juga mengandung lemak jenuh 3g, kolesterol 14mg, sodium 47mg, protein 11g, serat makanan 4g serta berat garam 295g.

Wah jadi tetap kenyang namun sehat ya!

16 Manfaat bagi Kesehatan Tubuh

  • Buah persik adalah makanan ringan yang cocok dikonsumsi jika ingin menurunkan berat badan. Sebab buah ini rendah kalori dan tidak mengandung lemak.
  • Kandungan senyawa antioksidan di dalam buah persik ampuh memerangi penyakit yang dipicu dari obesitas, contohnya penyakit kardiovaskular.
  • Makan buah persik membuat kulit lebih sehat karena di dalamnya terdapat kaya vitamin A dan C yang merupakan pelembap alami dari dalam.
  • Buah persik juga bermanfaat dalam menurunkan jumlah rambut rontok karena mampu menyehatkan kulit kepala.
  • Jika sedang cemas atau stress, jangan ragu makan buah persik. Pasalnya buah ini terkenal sebagai sebutan ‘Buah Penenang’ di Hungaria.
  • Senyawa bernama selenium dalam buah persik adalah salah satu agen anti kanker.
  • Buah persik mampu menyingkirkan cacing-cacing penyebab penyakit yang ada di dalam usus.
  • Buah persik juga memiliki efek diuretik yang membantu tubuh membersihkan ginjal dan kandung kemih.
  • Dengan mengkonsumsi buah persik mampu meredakan perut yang tidak nyaman.
  • Sebuah komponen dalam biji buah persik ampuh melawan sindrom metabolisme.
  • Bagi penderita rematik, makan buah persik disarankan oleh para ahli untuk meredakan rasa sakit yang diderita.
  • Buah persik konon termasuk sebagai salah satu makanan yang bisa meningkatkan gairah seksual.
  • Bunga buah persik bisa dikonsumsi dengan cara merebusnya bersama dengan madu. Air rebusan kemudian dinikmati untuk menenangkan tubuh yang kelelahan.
  • Buah persik adalah anti mikroba dan kaya antioksidan yang menghambat pertumbuhan tumor.
  • Bronkitis akut, dan batuk bisa diredakan dengan cara merebus daun pohon buah persik dan dikonsumsi bersama teh.
  • Teh buah persik biasanya dipakai sebagai pembersih ginjal di China.

Budidaya Bibit Pohon Persik di Pot (Tabulampot)

  • Ukuran pot / Polybag minimal : ukuran minimal > 50 cm
  • Media Tanam : Tanah dan Humus
  • Standar Penyiraman : sehari 1x dalam sehari dengan 1 liter air
  • Rekomendasi dataran/iklim : Dataran rendah beriklim tropis
  • Kebutuhan sinar matahari : Sepanjang hari.
  • Waktu berbuah : Mulai berbuah saat sudah berumur 2 – 3 tahun.
  • Tinggi Tanaman Selanjutnya : tinggi lebih dari 5 meter, tetapi bisa di pendek kan dengan pemangkasan
  • Standar Pemupukan : NPK daun + kompos (usia 1 tahun ke bawah), atau NPK buah + kompos (usia 1 tahun ke atas). Interval sebulan sekali dengan takaran setengah sendok teh supaya tanaman persik dapat tumbuh sehat secara maksimal.

Spesifikasi Bibit Unggul Pohon Persik

  • Nama : Buah Persik
  • Nama ilmiah : Prunus Persica
  • Asal daerah : China
  • Asal Bibit : Okulasi / Cangkok
  • Tinggi Bibit saat dikirim : 50cm – 70 cm
  • Kemasan : Polybag
  • Iklim / Dataran Tumbuh : dataran rendah – dataran tinggi
  • Tempat Penanaman : Outdoor (Terkena sinar matahari sepanjang hari)
  • Cara Konsumsi : Buah dapat dimakan secara langsung
  • info lain : bibit sudah dicangkok sehingga tinggi, tinggal menunggu bibit berbunga dan berbuah

PAKET A (Beli 1 Gratis 1)

Harga Normal: 275,886 IDR
Harga PROMO: 212,220 IDR

PAKET B (Beli 2 Gratis 2)

Harga Normal: 363,519 IDR
Harga PROMO: 279,630 IDR

PAKET C (Beli 3 Gratis 3)

Harga Normal: 446,962 IDR
Harga PROMO: 343,809 IDR

ULASAN PEMBELI KAMI